Kode etik dalam bisnis internasional secara garis besar disebut
sebagai nilai-nilai atau norma yang harus diterapkan oleh perusahaan guna
menciptakan keseimbangan hubungan antara perusahaan dengan aspek-aspek di
sekitarnya. Jika membahas mengenai kode etik ini sendiri, setidaknya terdapat
dua pendekatan yang berkaitan dengan penerapan kode etik., antara lain:
- Relativisme
Melalui pendekatan Relativisme, terdapat sebuah upaya
penyesuaian diri dari pelaku bisnis dalam menjalankan perusahaannya dengan
norma- norma di wilayah tersebut.
- Normativisme
Normativisme melihat yang sebaliknya, dimana terdapat
standar dalam bisnis itu sendiri. Sehingga masyarakat sekitar harus menyesuiakan
diri.
Manfaat dari penerapan etika dalam perusahaan multinasional antara lain:
- Menghindari adanya konflik karena adanya perbedaan budaya antara pemilik perusahaan dengan karyawan.
- Mengurangi adanya tindakan kecurangan yang dilakukan oleh perusahaan asing. Ketiga, menghindarkan dari ekspolitasi yang dilakukan oleh perusahaan.
- Melindungi norma yang disepakati oleh kedua belah pihak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar